Pengertian Driver

Driver


Driver device adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.

Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.

Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play).

Kita analogikan Driver ini adalah seorang sopir. Dan hardware-nya adalah mobil. Pastinya untuk mengendarai mobil, perlu sopir khusus untuk mobil itu. Tidak sembarang sopir bisa menyetir semua mobil. Jadi, perlu sopir khusus untuk bisa mengendarai mobil tertentu. Nah, kalau sopir-nya cocok dengan mobil, pasti mobil itu bisa jalan dengan lancar. Kira-kira begitulah logika dari sebuah Driver :)

Jadi,intinya driver itu sebgai jembatan komunikasi antara hardware dan software...kalo ga da driver yang terinstal...sudah tentu printer atau hardware ga bisa berfungsi...pada sistem...tetapi ada juga sistem operasi yang sudah mengintegrasikan beberapa driver kedalam sistemnya...jadi ga perlu install driver lagi...

Ok langsung saja apa saja Driver device itu?

dalam postingan kali ini saya hanya akan menjelaskan driver komputer dan laptop
Jenis driver laptop dan komputer dapat anda lihat dan download disini






0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...