Cara burning DVD

Telah dibaca 2,018 kali
Ini adalah seri terakhir tutorial video editing menggunakan Sony Vegas. Jika belum membaca mulai awal, inilah serinya:
Jika sudah mencoba melakukan editing video dengan Sony Vegas seperti tutorial tersebut, maka langkah terakhir adalah membakar (burning) klip video tersebut ke media CD atau DVD.
Membakar video ke CD atau DVD sangat bergantung pada jenis proyek video yang telah kita tentukan sebelum melakukan editing video, apakah ingin membuat video CD ataukah jenis video DVD. Jika ingin membuat video CD, maka format video editingya harus diset ke jenis kompresi mpeg1 atau mpeg2. Bila ingin membuat video DVD maka jenis kompresinya minimal harus mpeg2.
Pada banyak jenis video biasanya memiliki menu pilihan untuk diputar. Menu ini tampil pertama pada saat keping CD/DVD diputar pada player. Umumnya menu ini selalu didapati pada format DVD.
Ada banyak program untuk membuat menu semacam itu. Ada yang program mandiri khusus untuk membuat menu DVD, ada pula yang terintegrasi seperti Ulead yang mulai seri 12 telah diambilalih oleh Corel. Kalau saya lebih suka menggunakan Sony DVD Archithec. Itu program keluaran Sony juga yang khusus digunakan untuk membuat menu DVD.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...